Di Candi Borobudur


* Berangkat Ke Yogyakarta gan !

Sebelum berangkat ke Jogja, aku mempersiapkan dulu semuanya karena taku ada yang ketinggalan, yang aku bawa adalah Baju, Celana, Alat Mandi, HP, dan Kamera Tangan ku (Handy Cam).

Dan pada Hari Kamis Tanggal 28 Desember 2016 adalah hari yang paling saya tunggu, karena seluruh murid kelas 9 akan berangkat Study Tour ke Jogja ! Aku berangkat pukul 8 Malam setelah Sholat Maghrib, dan ternyata disana baru saja ada Ilham Maulana dan teman temanya.

“Wish Dandi udah dateng nih” ucap Ilham

“Iya, eh Anak anak belum pada dateng nih?” tanya aku

“Belum, mungkin nanti jam tujuh” jawab Ilham

Dan kamipun disana menunggu dulu teman teman yang lain, tak lama teman teman sekelasku datang, Angga, Ilham, Widianto, Dendi,Rian,Zahra, dan lainya.

Setelah semuanya berkumpul, kamipun langsung masuk ke Bus yang sudah ditentukan. (Busku Nomer 4).

* Di Jalan…

Aku naik Bus 4, dan untungnya didalam Bus itu adalah Anak Kelas IX-G semua, jadi kalau mau bercanda gak tanggung tanggung.

Tapi kami juga harus bisa jaga sikap karena di bangku depan dan Belakang ada guru yang berjaga.

Selama perjalanan, kami tidak bisa tidur karena begitu semangatnya, untungnya aku membawa kamera jadi bisa asik selfie selama dijalan.

Sambil selfie selfian, kamipun memakan sebagian makanan ringan yang kami bawa, setelah capek selfi selfian, kamipun tertidur lelap.

Sementara yang lain tertidur pulas, aku, Widi, dan Rian masih terjaga, aku benar benar tidak bisa tidur malam itu karena tidak sabar ingin cepat cepat sampai ke Yogyakarta.

Aku mendekati Rian yang sedang duduk berdiri ditengah Bus.

“Belum tidur nih?” Tanya aku kepada Rian yang sedang asyik main HP

“Maunya sih begadang sampe besok,” Jawab Rian

“Kamu kapan tidurnya dan?” Tanya Widianto yang ternyata masih belum juga tidur.

“Belum, mugkin nanti pas Jam 12 Pas” jawab Aku.

Dan tak lama ngantukpun datang, hingga aku tertidur lelap sekali.

* Sampai di Jawa Tengah

Akupun bangun pada jam Setengah 5 Pagi, dan kamipun langsung disuruh untuk ganti baju dengan baju seragam yang sudah dibagikan, karena WC dan tempat Salin penuh, kamipun salin didalam Bus aja, gak ada yang ngeliat ini.

Setelah WC kosong, aku dan Anggapun gosok gigi dan cuci muka disana, karena kalo mandi takut kelamaan. Dan kamipun langsung meanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur yang terletak di Magelang Jawa Tengah.

* Candi Borobudur

Perjalanan kami memakan waktu sekitar 1 Jam, setelah sampai di parkiran candi borobudur, kamipun turun dan berkumpul, lalu berjalan bersama sama menuju Candi Borobudur.

Saat sampai di pintu masuk, disana kami dibimbing oleh Bapak Pemandu, kamipun dibawa ke jalan menuju candi Borobudur. Aku juga sempat merekam selama dijalanya.

Tak lama kamipun sampai di Candi Borobudur, kami harus menaiki Tangga kalau tidak salah 7x keatas, dan katanya, kalau kita naik, turunya harus menggunakan tangga yang lain, jangan tanga yang sama waku kita naik ke Candi Borobudur (Ngerti’kan).

“Oooh, jadi Ini Candi Borobudur” Ucap Aku dari dalam hati, karena memang aku baru pertamakalinya melihat candi Borobudur.

“Eh Wid, Ga, kesana yuk” Aku mengajak Angga dan Widi untuk berfoto di puncak Candi.

Entah kenapa diatas Candi Brobudur itu panas banget, baru  juga beberapa menit udah gerah, mau minum tapi gak bawa, akhirnya aku mengajak Angga dan Widi untuk turun.

“Angga turun yukk, haus nih” aja aku kepada Angga

“Yah, kok bentar sih, masih mau foto foto” ucap Angga sambil Selfie

“Yaudah aku ajak Widianto aja”

Akhirnya aku mengajak Widianto untuk turun dan Widipun mau, akhirnya setelah turun dan saat akan menuju pintu keluar, disana ada guru yang sedang istirahat.

“Waduh, apa kita gak boleh keluar?” Tanya aku kepada Widi

“Entah” jawab Widi

Dan saat aku sedang berjalan menuju pintu keluar, aku ditanya oleh Bu Tati, “Dandi, mau kemana?”

Waduh, mau jawab apa nih, dan untungnya disebelahku ada toilet.

“Mau ke Toilet bu” akupun berjalan menuju Toilet yang ada disana.

“Yaelah Dandi, Dandi” ucap Widi sambil tertawa kecil.

Dan pas aku sedang kencing di toilet, keranya ternyata susah dimatiin, karena takut ditegur akhirnya aku segera keluar dan mengajakWidi untuk jalan jalan disekitar taman candi Borobudur.

“Kenapa tadi lu malah ke Toilet?” Tanya Widi

“Eh, habisnya kalo bilang mau keluar pasti maraah” jawab aku.

Saat sedang berjalan jalan ternyata teman temanku dari kelas lain berkumpul menuju pintu keluar Candi Borobudur, akupun langsung mengikuti mereka.

Dan hal yang paling membuatku kesal adalah, jalanya yang panjang menuju pintu keluar Candi Borobudur.

Sepanjang Jalan keluar dipenuhi Pasar oleh oleh, dan ternyata papan “Exit” yang ada disana hanya tipuan saja. Setelah jalan jalan jalan jalan, akhirnya aku keluar dari Candi Borobudur dan langsung menuju Bus untuk minum (karena air minum aku simpan di bus).

Dan selama aku istirahat di Bus banyak pedagang asongan yang nawarin oleh oleh khas Jogja untuk dibawa pulang.

“Dek, beli gantungan kuncinya dek” ucap salah satu pedagang asongan”

“Enggak ah, aku gak suka m=ngoleksi yang kayak gitu” tolak aku.

“Ayo dong dek, buat oleh oleh aja” tawar lagi pedagang asongan itu

“Enggak ah”

“20 Ribu, gimana?”

“Enggak”

“15 Ribu deh”

“Enggak”

“10 Ribu??”

“Enggak”

“5 Ribu?”

“Enggak”

“2 Ribu?”

“Enggak”

“Yaudah nih Gratis aja buat penglaris.. mau gak?”

“Enggak”

“Yah si Adek, dikasih gratis gak mau, yowes lah”

Dan pedangang asongan gantungan kunci itu keluar dari Bus.

Dan setelah itu banyak lagi pedang asongan yang masuk ke Bus, karena kasihan, akupun beli Gantungan Kunci kenang kenangan dari Borobudur seharga 10ribu (Ditawar gan wkwkwk).

Setelah jam 11.00 Kamipun makan dulu di Rumah Makan Kampoeng Ulu lalu melanjutkan perjalanan menuju Musium Soeharto untuk melihat sejarah yang ada disana dan sholat Dzuhur.

* Di Musium Soeharto

Di Musium Soeharto disana kami menonton film pendek bertemakan sejarah Mantan Presiden Indonesia Pak Soeharto.

Setelah itu aku melihat lihat musiumnya, didalamnya ada banyak Figure yang menerangkan masa masa hidup Pak Soeharto. Dan tujuan terakhir kami disana adalah Sumur Pahlawan, konon kata orang disana, siapa saja yang mencuci muka disana, maka suatu hari nanti orang itu bakal jadi Jendral.

Akupun cuci muka disana, bukan karena ingin jadi Jendral, melainkan untuk menyegarkan muka saja, brrrr.

Setelah Sholat Dzuhur (Dijama’ dengan Sholat Ashar)dan istirahat sebentar, kamipun langsung menuju Musium Dirgantara.

*  Musium Dirgantara

Setelah Sholat Dzuhur kami langsung menuju musium Dirgantara,  sebelum masuk kami sempat diberi arahan dulu agar tidak melakukan kesalahan selama menjelajah di Musium Dirgantara. Dan bagi yang mau foto foto didalam sana harus bayar dulu sebesar 1000 rupiah.

Ini gambar yang sempat aku ambil di Musium Dirgantara :

Setelah capek jalan jalan disana kamipun makan sore dulu di Cimoli setelah itu langsung menuju penginapan “Wisma Sargede”.

Aku sekamar dengan “Angga ~ Widianto dan Zahra (laki laki lho)”.

Kamipun istirahat agar besok siap untuk melanjutkan Tour keliling Yogyakarta, yeeah.

Kamar Penginapan Sargede

* Taman Pintar

Setelah istirahat semalaman di Sargerde, kamipun melanjutkan perjalanan ke Taman Pintar.

Kami harus menunggu lama di pintu depan Taman Pintarkarena menunggu Tiket Dibeli dulu, setelah mendpat Tiket, kamipun langsung masuk ke Taman Pintar, aku waktu itu bersama Widi dan Rian.

Di taman pintar kami melihat banyak sekali hal hal yang seru, seperti Patung Robot, Pameran Sains, Virtual Game, dan pameran bersejarah yang ada disana.

“Dan, kita foto foto yuk” ajak Rian

“ayok” ucap aku dengan semangatnya

Dan Rianpun yang memfoto kami,

Setelah capek berkeliling taman pintar aku dan Widipun membeli hamburger dan langsung menuju bus untuk istirahat.

Akupun duduk di Bus sambil menantap burger yang barusaja aku beli di taman pintar seharga 15.000.

“Enak juga ya wid? Kamu gak pake saus?” Tanya aku ke Widi didalam busa yang juga memakan Burger.

“Iya Dan,” Jawab Widi

Lalu ada Dea dari kelas IX-A yang masuk kedalam bus 4 yang hendak meminjam Kameraku tanpa bilang dulu, antas, aku jadi panik dan mencari cari kameraku.

Akupun menyuruh Rian untuk mengambil kameraku yang dipinjam Dea. Untungnya kameraku gak ilang.

Tak lama Zahra, Wanda, dan Dendi masuk kedalam Bus. Oh iya aku juga sempet ngebujuk Zahra buat berfoto bersamaku dengan gantinya dia boleh minta hotspot sepuasnya dari hpku, hehe, karena entah kenapa gw ngefans banget ama anak imut yang satu ini.

Setelah itu kami mengunjungi Keraton Yogyakarta, disana banyak terdapat benda benda bersejarah peninggalan pahlawan seperti keris, dan alat musik Tradisional.

Setelah mengunjungi Keraton kamipun mengunjungi tempat belanja oleh oleh khas Yogyakarta yang paling terkenal yaitu “Malioboro” (Karena letak Keraton tidak jauh dari Malioboro”.

Setelah capek jalan jalan, kamipun kumpul di bus jam 6 Sore lalu sholat maghrib dan istirahat dulu di Rest Area SPBU sambil menikmati hiburan malam.

Dan kamipun pulang kembali ke Tasikmalaya.. Huuffh, sungguh pengalaman yang takkan terlupakan.

~ #### ~

Dan itulah beberapa cerita menarikku di SMPN 1 Sariwangi, Sedih rasanya jika akan berpisah dengan teman teman dekatku yang selama ini menemaniku bersekolah di SMPN 1 Sariwangi,tertama dengan guru guru disana karena belum tentu saat keluar SMP nanti aku dan teman temanku masih satu sekolah.

By danz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *