Praktik Kerja Lapangan SMK
Pengalaman Praktik Kerja Lapangan
Untuk kalian para adik kelas yang sebentar lagi mau PKL, saya akan berbagi sedikit pengalaman yang saya dapat selama PKL, oh iya saya adalah salah satu alumni sekolah swasta di Tasikmalaya yang cukup terkenal yaitu adalah SMK Al-Huda Sariwangi, dan mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau sering disingkat RPL. 

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tempat PKL

Jika kalian masih belum menemukan tempat yang tepat untuk magang, saya akan berikan beberapa tips memilih tempat PKL untuk kalian (semua jurusan)
  1. Pilihlah yang benar-benar sesuai jurusan kalian – Jangan kalian masuk Dishub kalau di sekolah masuk jurusan Teknik Komputer, gak akan nyambung bre !! 👀 . Berdasarkan teman sekelas saya (yang sama-sama RPL) pekerjaan di dishub itu kurang lebih mengerjakan pekerjaan akutansi dan Administrasi Perkantoran.
  2. Pastikan anda mempunyai teman – Minimal satu atau dua orang teman sekelas lah yang udah benar-benar dekat dengan kalian, karena magang sendirian itu gak enak bre (ditambah kamu jomblo lagi) 😏😏. Kalau untuk melatih mental sih bagus, jadinya pas masuk dunia kerja kita gak akan kaget lagi kalau harus mulai adaptasi lagi sama lingkungan pekerjaan, tapi alangkah baiknya selama PKL kita ada teman sekelas, karena kalau sewaktu-waktu butuh sesuatu, tidak terlalu canggung kan?
  3. Disarankan Memilih tempat PKL yang dekat dengan rumah atau sekolah kalian – kalau kalian pengenya yang jauh sih gak apa-apa, ini cuma saran doank kok 😐.

TIPS DAN ATURAN SAAT PKL (PENTING !)

  1. Jangan pernah menegur karyawan/staff disana, ingat kita cuma anak sekolah yang lagi magang, biarkan atasan mereka yang melakukan itu.
  2. Jika dirasa tidak betah karena suatu alasan di tempat PKL,seperti ada ancaman, pembullyan dan sebagainya.Segera beritahu pembimbing anda, jangan di pendam kayak perasaan kamu ke dia. Mereka akan berusaha membantu kamu.
  3. Usahakan minta pindah jika dirasa tempat yang kalian pilih tidak sesuai dengan jurusan kalian (misalnya kalian jurusan Otomotif tapi malah disuruh masak), tapi ingat ! Kalian hanya dibolehkan pindah satu minggu pertama saat PKL, dan jangan keseringan pindah-pindah, MAU KALIAN ISI APA DI LAPORAN PKL KALIAN NANTI?
  4. Bersikaplah yang sopan, dan jangan samakan sifat dan perilaku kalian di sekolah, meskipun kalian sudah dekat dengan karyawan atau staff disana, ingatlah untuk tetap menjaga etika.
  5. Kalau jajan, jangan boros-boros, pilih yang hemat dan mengenyangkan perut ! 
  6. Kalau kehilangan barang, cari dulu sampai ketemu, siapa tahu nyelip di saku atau tas, kalau belum ketemu juga usahakan lapor pada pihak yang berwajib, jangan asal tuduh.

Hari Pertama

Saya PKL di salah satu Dinas di daerah Tasikmalaya, hmm kenapa saya milihnya di Dinas dan bukan di Badan Pengelola Statisika ? ya karena didaerah saya tempat untuk magang PKL lumayan jauh, dan ngabisin ongkos kalau pergi ke pusat kota (meski punya motor, tapi tetep aja males). Pada hari pertama saya magang, ternyata datangnya kepagian ! (Astaga) saya datang kesana pukul 07 Pagi padahal Dinas tersebut jam kerjanya jam 08 sampai 02 siang.
Di hari pertama saya dibagi tugas dan ruangan oleh salah satu staff pengurus disana, (Maaf lupa lagi namanya bu, hehe) aku ditugaskan di ruangan yang katanya Lab Komputer, aku lihat disana banyak komputer yang terpakai sampai yang tidak terpakai alias rusak, hmm.
Aku-pun duduk di kursi yang sudah disediakan, dan seperti biasa di hari pertama kita gak ngapa-ngapain cuma dikasih arahan dan beberapa plan tugas yang harus dikerjakan saat magang nanti.

Saat Magang….

Beberapa hari kemudian saya dikasih pekerjaan kantor seperti mengetik di microsoft word, bantu ngitung data di excel, bikin database, dan sebagainya. Bahkan saya-pun pernah disuruh untuk Service komputer yang error (Padahal tinggal Install ulang aja), Install Printer, sampai disuruh fotoin kakak cantik disana juga pernah.
Oh iya di minggu pertama saya dipasangkan (bukan pacar) dengan teman sekelas saya yang bernama Rayhan. Kalau tidak ada pekerjaan di hari itu biasanya kita streaming anime untuk menghilangkan rasa bosan. Di Minggu selanjutnya pasangan saya ditukar dengan sahabat saya, Cahya Mukharom.

Saat istirahat, saya biasanya makan siang di warkop yang ada disekitar Kantor, kadang mampir ke Abang Tukang bakso sama mie ayam (pokoknya tempat PKL saya enak, semua serba ada, konter,warung kopi, bakso, mie ayam, dan kalau gak ada tinggal pesan Go Food).

Kenalan dengan Cewek dari Sekolah Lain

Ini yang saya suka saat PKL berlangsung, kita bisa berkenalan dengan orang dari sekolah lain, ya mereka berasal dari SMK AS-Sabiq,  sampai-sampai kita bikin video bareng buat kenang-kenangan, karena kebetulan saya YouTubers,,, ehm,,
Itu videonya

Hari Terakhir PKL

Di hari terakhir PKL rasanya ya… biasa aja sih, pasti akan ada foto perpisahan, dan kalau kalian beruntung kalian akan dikasih Uang Pensiun (Uang jajan maksudnya). Dan semua teman saya dapet, cuma Aku dan Cahya saja yang tidak ! :(.
Pokonya agar kalian betah dan nyaman di tempat PKL usahakan bersikam humble dan friendly, saling bantu sesama teman, jangan cari masalah, dan yang penting jaga sikap dan etika kalian.
Itulah sedikit pengalaman saya saat PKL selama 3 bulan, kalau ingin tahu Cara menyusun laporan PKL yang baik dan benar , karena ada beberapa catatan penting yang harus kalian tahu, tunggu saja update artikel saya selanjutnya.

By danz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *