Seperti yang kita ketahui, meskipun android adalah sistem operasi yang terbuka atau Open Source beberapa dari mereka masih saja memaksakan hp mereka memasang antivirus, terlebih lagi spesifikasi hp mereka tidak begitu memumpuni untuk menjalankan Antivirus.

Berikut saya jelaskan apakah hp android perlu atau tidak memakai Antivirus :

1. Lihat dari segi penggunaan
Jika hp anda digunakan hanya untuk mengetik sesuatu, selfie, mendengar musik,atau sekedar browsing di sosial media,  kemungkinan terkena virus sangat kecil, karena ponsel tidak memasukan program bahaya kedalamnya, saya sarankan untuk tidak memasang antivirus karena akan menambah beban saja.

Sebaliknya, jika anda yang hobinya ngedownload games, chatting, main game, modif HP, install-uninstall aplikasi dsb, maka resiko terkena virus lumayan besar, karena kita belum tahu benar apa program yang anda download itu aman ? Atau bisa saja isi program tersebut hanya berisi iklan malware yang dapat menurunkan peforma ponsel, saya sarankan install saja 1 antivirus yang cukup ampuh dan ringan, misalnya 360 Security lite,AVG, dan sejenusnya.

2. Peforma ponsel
Yang kedua, coba lihat spesifikasi ponsel anda, bisa cari di Google atau lewat pengaturan.
Minium spek ponsel untuk dipasang antivirus :

Kecepatan CPU : 1.4 Ghz
Ram : 2 GB
Internal : 16 GB

Jika spek anda dibawah dari yang saya sebutkan diatas, maka memasang antivirus hanya akan mengurangi peforma ponsel anda, bahkan akan membuat ponsel anda Lag atau HANG

Intinya, jika ingin memasang antivirus, lihat dari Penggunaan dan Peforma ponsel anda karena, jika dipaksakan, hanya akan menambah beban memori ponsel anda. Apalagi kalau hp anda termasuk kelas Low-end

By danz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *